Jumat, 28 Oktober 2016

Apakah Orang yang di Hipnotis Bisa Bangun Sendiri?

Apakah orang yang di hipnotis bisa bangun sendiri


Apakah orang yang di hipnotis bisa bangun sendiri
Bayak sekali yang menanyakan “Apakah orang yang terkena hipnotis bisa bangun sendiri?” Atau “kalau orang yang menghipnotis tiba tiba mati bangunnya gimana? Apakah bisa bangun sendiri?”
Banyak sekali acara di televisi yang menayangkan seseorang yang seolah “di kendalikan” oleh peng-hipnotis. Hal ini juga membuat pemikiran kita atau banyak orang berfikir jika tidak di pandu untuk keluar dari kondisi hipnotis orang yang di hipnotis tidak bisa bangun sendiri. Bahkan ada juga yang mengira jika hipnotis adalah mengeluarkan roh manusia dan di gantikan dengan roh hipnotist, atau penggabungan antara makhluk halus dengan tubuh astralnya dan ketika tubuh aslinya pergi ia tidak akan bisa bangun kembali.
Pertanyaan ini terdengar sangat lucu bagi orang yang mendalami ilmu hipnotis. Pada dasarnya hipnotis adalah seni komunikasi searah antara hipnotist (orang yang menghipnotis) dan suyet (sukarelawan atau orang yang di hipnotis) beberapa orang menganggap hipnotis merupakan hal yang gaib aneh dan di luar akal sehat. hipnotis sebenarnya sangat ilmiah dan di akui di berbagai bidang seperti kedokteran dan psikologi.
Hal yang mungkin terjadi jika anda di tinggal dalam kondisi tertidur:
Jika orang yang di hipnotis tertidur, kemudian orang yang menghipnotisnya pergi, ada beberapa yang akan terjadi seperti:
Sukarelawan akan bangun sendiri
Pada saat sukarelawan terlelap, sebenarnya mereka tidak sedang benar benar terlelap, mereka masih merespon beberapa rangsangan dari luar atau ketika ada bahaya menyerang. Frekuensi otak orang yang di hipnotis berkisar 3-4Hz sedangkan orang yang tidur sekitar 1,5 – 3 Hz. Tidak adanya saran dan masukan dari peng-hipnotis akan membuat sukarelawan memilih untuk bangun sendiri, karena kendali hipnotis sebenarnya terletak pada orang yang di hipnotis bukan pada peng-hipnotis.
orang di hipnotis bisa bangun sendiri
orang di hipnotis bisa bangun sendiri
Sukarelawan akan tertidur
Kemungkinan lain jika di tinggal oleh peng-hipnotis adalah tertidur. Kenyamanan yang di rasakan akan membawa sukarelawan ke kondisi terlelap. Ketika sukarelawan sudah terlelap maka ia tidak dapat menerima sugesti sama halnya dengan orang yang sedang tidur.
Apakah sama tidur hipnotis dengan tidur biasa?
Orang yang di hipnotis tidak tertidur, mereka mengalami kondisi seperti tidur. Mereka masih mampu mengenali lingkungannya, semua indrannya dan masih mampu mengantisipasi adanya bahaya. Bahkan tingkat kesadaran kondisi state hipnotis lebih tinggi dari tidur itu sendiri.
Apakah hipnotis dapat di pelajari dan bersifat ilmiah?
Tentu saja! Hipntis sangat ilmiah karena hipnotis salah satu ilmu komunikasi satu arah antara hipnotist (orang yang menghipnotis) dengan suyet/ sukarelawan melalui sugesti yang di berikan. Hipnotis sama sekali tidak menggunakan sesuatu yang bersifat gaib, atau sesuatu hal yang bersifat supranatural. Hipnotis sudah di pelajari dan di kembangkan oleh banyak ilmuan ke dokteran dan terbukti akan kebenarannya.
Hipnotis dalam kehidupan sehari hari
Entah sadar atau tidak, hipnotis selalu ada di dalam keseharian kita namun tidak kita sadari jika itu adalah kondisi hipnotis. Contohnya saja ketika menonton film, membaca buku, mendengarkan radio dan sebagainya. Kondisi tersebut adalah kondisi kita yang sangat sugestif dan mampu menerima saran atau masukan dari radio, buku dan sebagainya . kondisi ini bisa di ciptakan dengan membuat suasana menjadi nyaman, dan membuat tubuh menjadi rileks, dengan demikan gerbang bawah sadar akan terbuka.
Manfaat lain Hipnotis
Sebagaimana yang kita ketahui, hipnotis pada umumnya hanya di gunakan untuk intertrainter untuk menampilkan pertunjukan pada khalayak orang banyak. Ilmu hipnotis juga di gunakan di dalam ilmu kedokteran dan psikologi untuk mengani berbagai masalah yang di hadapi pasien.
Ada beberapa permasalahan yang dapat di atasi dengan hipnotis seperti:
Alergi
Alergi terhadap sesuatu hal yang mungkin tidak wajar sering kali menimpa seseorang baik dewasa ataupun anak anak. Hipnotis dapat di pelajari untuk menghilangkan alergi terhadap sesuatu hal.
Kebiasaan buruk
Tidak di pungkiri jika kebiasaan buruk selalu menimpa seseorang seperti malas, dan menunda nunda. Atau juga kebiasaan buruk merokok, meminum alkohol atau narkoba, atau kebiasaan yang lain sebagainnya.
Trauma
Trauma sangat mudah di hilangkan dengan hipnotis. dengan mengubah program otak, otak dengan mudah mengubah dari perilaku awal takut terhadap sesuatu hal menjadi berani, bahkan menjadi sangat menyukai sesuatuhal yang awalnya sangat di takuti.
Meningkatkan percaya diri
Beberapa orang tidak percaya diri dengan alasan tertentu entah di sebabkan oleh kekurangan fisik atau sebab lainnya. dengan hipnotis itu semua dapat di ubah anda bisa menjadi percaya diri hanya dalam 30 menitu atau kurang.
Jadi intinya, hipnotis tidak membuat seseorang benar benar tertidur. Pada saat terhipnotis, seseorang menjadi sangat sugestif dan mampu menerima saran saran berupa sugesti yang mengarahkan seseorang untuk mendapatkan saran saran baru yang nantinya akan menjadi satu pola tindakan tertentu.
Pada dasarnya hipnotis tidaklah berbahaya, yang berbahaya adalah ketika seseorang belajar hipnotis tidak mempunyai bimbingan yang membimbingnya untuk benar benar bisa menghipnotis.
Menghipnotis akan menjadi berbahaya jika sugesti yang di berikan merupakan sugesti negatif yang mampu di terima oleh sukarelawan. Jika hal ini terjadi maka akan berdampak pada pola pikir, atau pola tindakan seperti kebiasaan buruk, atau trauma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar