Kamis, 27 Oktober 2016

Apakah Hipnotis Berbahaya?

Berbahayakah hipnotis
Berbahayakah hipnotis
Beberapa keyakinan masyarakat kita dalam hipnotis sangat banyak dan tidak terbukti kebenarannya seperti yang kami ulas pada artkel Mitos Seputar Hipnotis yang bisa anda baca. Beberapa orang meyakini jika orang yang di hipnotis tidak bisa bangun sendiri dan telah di jelaskan pada artikel disini jika keyakinan tersebut salah. Pada artikel kali ini kita akan melihat lebih dalam apakah hipnotis berbahaya ataukah tidak.
Ternyata hipnotis bisa berbahaya
Hipnotis dapat menjadi berbahaya jika tidak di lakukan dengan benar atau oleh orang yang tidak memperdalam ilmu hipnotis sebelumnya. Hipnotis bagaikan pisau bermata dua, akan berguna untuk kebaikan dan bisa di gunakan untuk keburukan. Sama juga dengan laptop atau HP yang kita gunakan, hendaknya di gunakan dengan sebenarnya bukannya yang mencelakakan orang lain seperti melempari orang dengan laptop atau HP. Efek negatif yang di timbulkan bermacam macam seperti beberapa kasus seseorang yang memperagakan stage hypnosis atau hipnotis untuk hiburan yang di lakukan oleh seorang siswa di sebuah sekolah SMK. Peng-hipnotis mencari sukarelawan, kemudian sukarelawan di berikan sugesti bahwa air yang di minum (air dalam kemasan) akan berubah menjadi asam, manis dan pahit. Namun sayang mereka tidak bisa mengembalikan sukarelawan ke kondisi semula (masih terasa pahit saat meminum air putih). Ini adalah salah satu efek samping yang di timbulkan dari hipnotis.
Cara menggunakan hipnotis agar tidak berbahaya
Sama seperti pisau, pisau akan bermanfaat manakala yang menggunakan orang yang tau cara menggunakannya dan sebaliknya. Berikut cara menggunakan hipnotis dengan benar:
Mempelajari sebelum belajar
Cara pertama dan utama adalah pelajari dengan benar benar dan serius untuk anda yang berambisi untuk menguasai hipnotis jangan seperti kasus di atas yang di sebabkan oleh ketidaktahuan namun nekat menggunakannya akibatnya berakibat buruk. Memang praktek baik untuk melancarkan hasil belajar yang di lakukan. namaun, dengan belajar setengah setengah serta tanpa tuntunan, hipnotis bisa berakibat fatal. Salah satu cara belajar yang terbaik adalah anda belajar dari orang yang sudah berhasil melakukannya.
Perhatikan sugesti
Bagi pemula, sugesti sugesti yang di berikan biasanya ringan dan tidak berbahaya apalagi yang berakibat fatal. Sugesti adalah inti dari hipnotis, sugesti adalah tubuh yang menghidupkan hipnotis. Sukarelawan akan mengikuti tuntunan hipnotis anda melalui sugesti dan ada kalanya entah di sadari atau tidak akan tertanam sugesti yang buruk yang bisa menyebabkan ganggunan pada orang tersebut seperti stres.
Tahu prosedur hipnotis
Dalam hipnotis juga ada prosedur yang harus di jalankan untuk keberhasilan atau keamanan sukarelawan. Beberapa hipnotist pemula sering keliru dalam melakukan prosedur hipnotis sehingga hipnotis akan gagal di lakukan (lebih tepatnya belum berhasil karena induksinya kurang tepat).
Jadi hipnotis tidak akan membahayakan orang lain selagi orang tadi mengerti tentang hipnotis karena seperti yang sudah di singgung di awal, hipnotis dapat berbahaya jika tidak di gunakan dengan tepat, untuk itu anda perlu bimbingan untuk mendapatkan keterampilan hipnotis. Orang yang berhasil melakukan hipnotis tidak serta merta mudah mengajarkan kepada orang lain. Untuk itu anda mesti memiliki seorang pembimbing atau media yang akan mengajari anda belajar hipnotis dengan benar dan aman sehingga tidak membahayakan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar